5 Oleh-Oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Anda Beli

Kali ini saya akan membahas mengenai oleh-oleh atau buah tangan khas dari kota Yogyakarta yang wajib anda ketahui, apa lagi khususnya bagi para traveler-traveler luar kota maupun luar negeri.

Kalian pasti tidak asing bahkan sering sekali mendengar nama Yogyakarta ditelinga anda, ya karena kota ini adalah salah satu kota besar yang anda di Indonesia.
Yogyakarta terkenal dengan Budaya, Sejarah, Wisata, Kuliner, dan tentu saja dengan Oleh-olehnya.

Ya tanpa basa-basi lagi mari kita bahas mengenai 5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Anda Beli.


1. Batik Yogyakarta

img : batik-tulis.com

Batik tidak bisa dilepaskan begitu saja dari Yogyakarta. Batik juga selalu masuk dalam daftar oleh-oleh yang wajib dibeli oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Yogyakarta. Uniknya, batik di Yogyakarta ini tidak hadir dalam bentuk pakaian saja, melainkan ada bentuk tas, sandal, bahkan syal.

Tempat yang bisa anda kunjungi untuk berburu batik tentu saja kawasan Jalan Malioboro dan pasar Beringharjo. Selain dua tempat tersebut, anda bisa mengunjungi Desa Karebet yang merukapan desa wisata penghasil batik.


2. Bakpia

img : klikhotel.com

Siapa yang tidak kenal cemilan satu ini? Ya, cemilan ini sudah melekat dan identik dengan Yogyakarta. Bakpia merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang.

kue bakpia sendiri merupakan kue yang berasal dari warga keturunan Tionghoa. Namun, seiring berjalannya waktu, kue bakpia sudah menjadi kue legendaris yang merupakan ikon oleh-oleh dari Yogyakarta. Ada banyak merk bakpia yang bisa ditemukan di Yogyakarta ini, tapi hanya ada satu yang terkenal adalah Bakpia Pathuk atau Bakpia Pathok.

3. Kaos Dagadu

img : outingjogja.com

Satu lagi yang wajib anda bawa pulang dari Yogyakarta adalah kaos Dagadu. Kaos ini sangat identik dengan plesetan lucu khas Yogyakarta yang akan membuat anda tertawa.

Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti "matamu". Hal ini semakin jelas terlihat di logo kaos yang berbentuk sebuah mata.

Saat ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir sejenak ke showroom Dagadu, sebuah brand yang memproduksi kaos dan pernak-pernik dengan ciri khas Jogja.

4. Gerabah Kasongan

img : yogyakarta.panduanwisata.id

Gerabah Kasongan adalah oleh-oleh yang tidak boleh anda lewatkan. Gerabah khas desa Kasongan ini telah dipercaya memiliki kualitas yang bagus. Gerabah ini dapat anda temui dalam beragam bentuk mulai dari guci, lampu hias, vas bunga, dan asbak.

Oleh-oleh khas Yogyakarta ini bisa dijadikan souvernir untuk keluarga dan sahabat ditempat tinggal anda. Jika beruntung, anda dapat melihat langsung proses pembuatan gerabah ini jika sedang berkunjung di desa Kasongan.

5. Coklat Monggo

img : gudegkalengku.blogspot.com

Coklat Monggo adalah coklat khas Yogyakarta, diracik oleh seseorang dari Belgia bernama Thiery Detournay. Coklat ini memiliki cita rasa yang tinggi dan unik, rasanya hampir sama dengan coklat yang berasal dari Belgia.

Dikemas dengan bungkus yang menarik, coklat Monggo ini menjadi salah satu makanan yang wajib dibeli ketika anda sedang berkunjung di Yogyakarta. Bahkan, coklat Monggo adalah piihan yang tepat bagi anda yang ingin oleh-olehnya yang tahan lama.

Nah sobat bagaimana dengan ulasan diatas? Menarik bukan?
Jangan lupa ya jika kalian berwisata maupun berkunjung ke Yogyakarta untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan yang kita bahas diatas, karena beberapa oleh-oleh yang ada diatas itu khas dari kota Yogyakarta.

Subscribe to receive free email updates: