Tuesday, January 24, 2017

5 Kuliner Khas Surabaya Yang Patut Anda Coba

ketika kita sedang berkunjung ke Surabaya tentu tidak akan melewatkan sajian kuliner yang ada di kota pahlawan ini. Anda bisa menemukan aneka kuliner khas Jawa Timur yang pastinya berbeda dengan daerah lain di Indonesia. kebanyakan makanan khas Surabaya merupakan makanan tradisional dan tergolong masakan rakyat. Jadi anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan tempat makan mulai dari yang ada dipinggiran jalan hingga di restoran kelas atas.

Berikut ini adalah 5 Kuliner Khas Surabaya Yang Patut Anda Coba :

1. Nasi Krawu

img : marimangan.com

Nasi Krawu ini aslinya berasal dari kota Gresik dan cukup populer di wilayah Surabaya. Menu yang disajikan adalah nasi putih hangan nan pulen dicampur dengan semur daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, dan pastinya sambal terasi yang membuat anda semakin bergairah.

Nasi Krawu memang biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan pagi. Anda bisa melihat di beberapa sudut kota Surabaya yang menjajakan nasi krawu hanya diwaktu pagi saja.

2. Sate Klopo

img : kabarkuliner.com

Sate Klopo adalah sate daging yang ditaburi parutan kelapa ini menjadi salah satu santapan kuliner yang digandrungi masyarakat Surabaya. Anda harus mencoba sate yang lain dari sate pada umumnya. Sate ini berisi jeroan dan lemak sapi yang dilumuri dengan parutan kemudian dibakar.

Jadi anda bisa langsung merasakan serbuk parutan kelapa di setiap gigitan sate yang anda santap. Jika ingin mencoba sate klopo ini anda bisa berjalan-jalan ke Jalan Walikota Mustajab No.36, tepatnya di warung sate klopo Ondomohen.

3. Lontong Balap

img : jendelakuliner.com

Makanan ini juga salah satu makanan khas yang memasyarakat di Surabaya. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa menu makanan utama ini terbuat dari lontong lalu dicampur dengan tahu goreng, tauge, dan siraman kuah yang sangat khas.

Biasanya lontong balap ini adalah sajian ringan yang disantap sebelum makan siang. Jadi jika anda belum terlalu lapar tapi juga terkesan masih kenyang, lontong balap adalah menu pas untuk itu. Dinamai Lontong Balap karena konon penjualnya menggunakan pikulan untuk menjajakan makanan ini. Tapi karena beban yang berat, si penjual berjalan tergesa-gesa seperti hendak balapan. Sejarah yang terbilang unik untuk menamai sebuah makanan.

4. Rawon Setan

img : infosurabaya.web.id

Nama yang cukup menggelitik tersemat untuk masakan rawon setan. Jika anda sudah mengenal masakan soto, maka rawon setan adalah soto dengan kuah hitam pekat yang berasal dari kluwak, lalu dicampur dengan daging sapi yang dipotong dadu beserta jeroan dan kikil sapi. Anda bisa menemukan sajian khas Surabaya ini di setiap sudut kota. Coba saja keunikan rasa rawon setan yang memiliki ukuran daging yang cukup besar.

5. Tahu Campur

img : emakmbolang.com

Dari namanya, dapat ditebak bahwa kuliner satu ini menggunakan tahu goreng sebagai komponen utamanya. Tahu tersebut ditemani oleh potongan daging sapi, selada, dan tauge. Campuran tersebut disiram dengan kuah yang warnanya mirip dengan kuah soto, hanya saja berwarnanya lebih pekat. Beberapa penjual juga menyajikan tahu campur dengan perkedel. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah tahu campur di Jalan Kalasan No. 22, Tambak Sari, Surabaya.

Sebenarnya masih banyak lagi kuliner khas Surabaya yang bisa anda cicipi. Tunggu update'an kuliner selanjutnya sob.
Semoga bermanfaat. :)