Tuesday, January 17, 2017

5 Kuliner Khas Kota Indramayu Yang Wajib Anda Coba

Kali ini saya ingin membagikan info kuliner atau makanan khas kota Indramayu yang wajib kalian coba saat berkunjung atau berlibur ke kota Indramayu.

Indramayu adalah kota yang berada di Jawa Barat- Indonesia, letaknya persis berada dipinggiran laut, yang dilalu jalan Pantura.
Indramayu juga memiliki julukan sebagai kota Mangga. Ya karena Indramayu terkenal dengan buah mangganya, begitu banyak buah mangga yag nikmat dan legit rasanya dari Indramayu, diantaranya Mangga Cengkir, Mangga Arumanis/ Harumanis, dan Mangga Gedong.
Itu beberapa mangga yang sangat terkenal dari kota Indramayu.

Tapi kali ini kita bukan membahas tentang buah mangga, melainkan tentang kulinernya, ya yaitu kuliner khas dari kota Indramayu.
Tanpa basa-basi lagi mari kita simak apa saja kuliner khas kota Indramayu.


1. Rumbah

img : tosupedia.com

Ya makanan yang satu ini sangat terkenal dikota-kota lain, sangat terkenal sebagai makanan khas kota Indramayu, kenapa Rumbah sangat terkenal? Karena selain rasanya yang begitu nikmat Rumbah juga sangat kaya akan manfaat.

Karena Rumbah dibuat dari sayur-sayuran yang segar yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.
Rumbah biasanya dibuat dengan menggunakan sayuran Kangkung, Kecamba atau Toge, Kol, Kacang Panjang, dan Timun Suri, terkadang kangkung juga sering digantikan dengan Daun Singkong.

Bahan-bahan tadi direbus terlebih dahulu hingga setengah matang kemudian diberi sambal kacang yang begitu nikmat khas dari Indramayu.
Kemudian sebagai pelengkap ditambahkan juga gorengan seperti Cireng atau Tahu, atau juga Kerupuk.


2. Lotek

img : cilamaya-infoteknologi-budaya.blogspot.com

Kuliner selanjutnya dari Indramayu adalah Lotek, ya Lotek sama saja seperti Rumbah, dari bahan, proses, hingga penyajian dan sebagainya sama dengan Rumbah. Tetapi yang membedakan Lotek dari Rumbah adalah penggunaan Lontong.
Ya jika Rumbah tidak ada Lontongnya maka Lotek ada Lontongnya.

Jadi intinya jika Rumbah diberi Lontong maka akan berubah nama menjadi Lotek.


3. Karedok

img : resephariini.net

Karedok juga masih sama seperti Rumbah dan Lotek, tapi bedanya Karedok ini menggunakan bahan yang masih mentah dan segar, tanpa dimasak terlebih dahulu.
Bahan-bahannya seperti Timun, Kol, Kacang Panjang, Toge, Daun Kemangi, Terong, dan Remucu (Buah Pisang yang masih kecil)

Untuk bumbu atau sambalnya itu juga sama dengan Rumbah dan Lotek, begitu juga dengan cara penyajiannya.


4. Burbacek

img : sebandung.com

Berikutnya adalah Burbacek, ya nama Burbacek sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Bubur, Rumbah dan Cecek. Cecek sendiri biasanya terbuat dari kulit Sapi yang direbus hingga empuk dan dimasak.

Bahan dari Burbacek juga biasanya yaitu Bubur Beras Putih, dicampur dengan Rumbah, Udang, dan sambal kacang asam, serta Cecek (kulit Sapi). Rasanya enak dan nikmat wajib anda coba.


5. Blengep Cotot

img : noenoeuleule.blogspot.com

Blengep Cotot sendiri terbuat dari Singkong berbentuk bulat dan berisi gula merah.
Jika anda memakan kue yang satu ini maka gula merah yang ada didalamnya akan keluar dari kue.

Blengep Cotot, ya Cotot sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti Keluar, jadi saat anda memakan kue ini gula merahnya akan keluar dari dalam kue.


Nah sobat itu adalah beberapa kuliner atau makanan khas dari kota Indramayu.
Bagaimana anda tertarik? Jangan lupa mencobanya ya saat anda berkunjung ke kota Indramayu.